Commercial Breaks

Membangun Home Studio Part 1

Semenjak era digital telah menyentuh dunia musik di seluruh dunia,rasanya tidak ada yang tidak mungkin seperti membangun sebuah studio rekaman sederhana nmun menghasilkan hasil yang tidak sedehana malah luarbiasa.Mengingat saat ini banyak ajang cari bakat untuk musisi,tentunya membangun Home Studio merupakan salah satu solusi untuk kita memaksimalkan sound yang kita inginkan (sekaligus bisa untuk investasi juga he3x).

Well sebenarnya kebanyakan orang bikin Home Studio tuh gara-gara merasa dianak tirikan sebab sesuatu dan lain hal (u know lah...) .Ok 2 the point aje ye kalau abang ma none mo bikin Home Studio,dibawah ni ada tips-tipsnya plus alat-alat ape aje yang perlu kite punye :

HARDWARE :


1.Komputer wajib poenya yang minimum speknya :
  • Prosesor Intel Pentum 4 1,8 Ghz atau Amd Athlon XP 1500+
  • Memori 1 GB
  • VGA CARD 128 MB (untuk mendukung beberapa software)
  • Harddisk min 100 GB (bwat meng-inventaris karya kita)
  • DVD-ROM Writer (bwat memperbanyak karya kita biar semua orang bisa denger ^^)
2.Sound Card
   Nah hardware ini berfungsi sebagai converter yang merubah pemerosesan analog menjadi data digital dan    sebaliknya.Belilah Soundcard yang memiliki koneksi usb sebab memudahkan kita dalam setup Sound Card dengan komputer.Juga pastikan Suond Card anda memiliki akses midi-in dan midi-out agar midi-controler anda dapat berfungsi.

3.Mixer 
 
   Yang satu ini sebenarnya gak wajib poenya sich... tapi mengingat untuk hasil yang maksimal di sektor vokal ya mau g mau harus  punya dunk..Tapi jangan beli yang kebanyakan chanel (kanal) cukup maksimal 12 chanel juga udah lebih dari cukup.Dan lebih disarankan menggunakan mixer digital yang mempunyai koneksi usb juga.

4.Speaker 
 Dibutuhkan speaker yang bekualitas untuk me-monitor kualitas sound yang kita harapkan.Namun bukan sembarang speaker bisa dipakai akan tetapi speaker yang menampilkan renta frekuensi dari 20 s.d 20Khz.itu sebabnya disebut speaker 
monitor



5.Keyboard / Midi Controller
Nah ini dia si kecil cabe rawit yang bisa mempermudah kita dalam pemerosesan recording.Misalkan untuk take drum kita gak perlu capek-capek gebukin drum (sayang kan klo dipake molo ntar shell-nya gampang jebol >,,< ).
 
                                    6.Microphone
Ada dua jenis microphone yakni Dynamic Mic seperti pada gambar sebelah kiri dan Condenser Mic seperti pada gambar sebelah kanan, untuk Home Studio lebih baik kita menggunakan Conseder Mic yang memang diperuntukan untuk aplikasi recording studio.Sebaliknya Dynamic Mic lebih baik diaplikasikan pada perunjukan live.
7.Headphone
Buat apa ada speaker kalau masih perlu headphone?Tapi Headphone ini juga penting karena kita bisa lebih jauh memantau lagu kita jikalau ada noise ataupun sound yang tidak kita inginkan








To be Continue...

0 komentar:

Posting Komentar

Seacrh Here

Search Here Too

 

Free Blog Templates

Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

.
Powered By Blogger
© Grunge Theme Copyright by GITARIS-NYENTRIK | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks